Rabu, 12 Mei 2010

Kakek-nenek,Kekuatan bersyukur

Menatapi kehidupan sepasang kakek-nenek yang berada di lingkungan sekitar ,seakan ada tamparan yang masuk dalam hati dan berbekas. Ada kisah kehidupan yang tersirat makna arti kehidupan sesungguhnya. Tinggal di lingkungan kota yang hiruk piruk dengan kondisi hidup yang tak menentu. Hidupnya sederhana, tak ada kemewahan yang di tampak.sehari-harinya hanya berjualan gado-gado dan si kakek penjual es.rumah yang sepetak dan sedikit berjauhan dengan air sungai. Untuk ke tempat pembuangan air pun harus keluar rumah berjalan kira 50 meter. Memang dalam kehidupan KUMIS(kumuh dan miskin).

Bukan berarti mereka adalah seorang yang masa mudanya pemalas atau bahkan mereka tidak berada dalam lingkungan yang tinggi. Entahlah, buat saya itu tidak penting. Ada satu kekuatan yang terletak pada diri mereka.bukannya pada harta, bukannya pada rumah mewah. Ada wajah yang menampakkan sinar bercahaya, senyum lembut dan tatapan matanya tersirat ribuan makna keikhlasan.

Kehidupan yang sudah dijalani dari senang, susah, sudah pernah dijalani. Asam garam kehidupan bukan hal yang baru lagi buatnya. Namun inti dari smua yang dijalani masa hidupnya adalah rasa bersyukur.terlihat sekali dalam kesehariannya. Saat ditanya pun dengan tersenyum menjawab,”Alhamdulillah saya masih bisa kecukupan karena ALLAH tidak pernah tidur buat hambanya yang bersyukur,saya yakini itu”.memang , kekuatan syukur itu mengalahkan segalanya. Carut marut susahnya mencari sesuap nasi tak pernah menjadi ketakutan dalam dirinya.”kek,nek ajarkan saya bagaimana menjadi orang bersyukur”,dalam hati saya.


Memang benar janji ALLAH”barang siapa yang bersyukur atas nikmat KU, maka akan AKU tambahkan nikmatnya, dan barang siapa yang mengkufuri nikmat KU, sesungguhnya azabKU sangatlah pedih”.
Kuncinya adalah BERSYuKUR…

****
Rasa syukur memang bukan hanya sekedar anjuran holistic yang sering kita manknai nya sebagai imbauan atau amalan religious. Namun banyak ahli yang meneliti rasa syukur dengan pendekatan ilmiah.mereka melakukan sejumlah penelitian apa peran rasa syukur bagi kehidupan orang yang bersyukur.

Menurut penilitian para ahli, orang yang bersyukur ternyata lebih berpikiran positif, lebih waspada, lebih antusias, lebih pasti saat mengambil keputusan, lebih perhatian pada sesama, dan memiliki lebih banyak energi dibanding mereka yang tidak memiliki rasa syukur.Orang yang bersyukur setiap harinya merasa hidupnya lebih baik secara keseluruhan dan lebih optimistis dalam menghadapi masa depan. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan, orang yang bersyukur itu lebih sukses!

Nah, teman-teman apakah kita sudah bersykur menjalani segala kehidupan ini ? semoga kita sama-sama belajar untuk leblih bersykur menjalani kehidupan ini..amiin


Salam SUKSES!!



Cipnang,110510 –ahmad ridho-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar